Kebijakan Privasi


PT VIDIO DOT COM, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, dengan domisili kantor di SCTV Tower lantai 14, Senayan City, Jl. Asia Afrika Lot.19, Jakarta 10270, Indonesia (“VIDIO”), yang memiliki dan menyediakan layanan over-the-top melalui https://www.vidio.com dan/atau aplikasi Vidio (platform berbagi video yang menayangkan konten digital melalui jaringan internet (“streaming”) di websitem-sites dan mobile application, termasuk di channel online yang menjadi saluran distribusinya). 


Definisi VIDIO dalam Kebijakan Privasi ini termasuk afiliasi VIDIO, Perwakilan VIDIO, yaitu penasihat keuangan, asuransi, hukum, akuntansi, atau penasihat VIDIO lainnya yang menyediakan layanan profesional kepada VIDIO, dan pihak ketiga yang bekerja sama dengan VIDIO, yakni partner, vendor, dan subkontraktor (apabila diperlukan).


Semua istilah dalam huruf besar yang tidak didefinisikan lain dalam Kebjiakan Privasi ini akan memiliki arti yang sama dengan Peraturan Pengguna.


Dalam menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Pengguna, VIDIO menerapkan standar yang sesuai untuk perlindungan data pribadi pengguna sebagai berikut:


  1. Tujuan Kebijakan Privasi

  2. Pengumpulan Data Pribadi

  3. Pembayaran dan Informasi Penagihan

  4. Pemindahan, Penyimpanan dan Pemrosesan Data

  5. Pengungkapan

  6. Pembatasan Tanggung Jawab VIDIO

  7. Keamanan

  8. Perubahan Kebijakan Privasi

  9. Hubungi Kami


  1. TUJUAN KEBIJAKAN PRIVASI

1.1     Kebijakan Privasi ini menjelaskan tentang bagaimana VIDIO mengumpulkan, menggunakan, memproses dan melindungi Data Pribadi dari Pengguna Layanan VIDIO.

1.2     Kebijakan Privasi ini menjelaskan penggunaan informasi dan/atau informasi Pribadi yang diberikan atau dikumpulkan melalui situs dan aplikasi, dimana Kebijakan Privasi ini dimuat dan/atau situs/platform afiliasi atau pihak ketiga yang dapat menyediakan Platform dan/atau segala fitur dan/atau layanan yang tersedia di Platform. VIDIO menerapkan Kebijakan Privasi ini sesuai dengan hukum yang berlaku di tempat kami mengoperasikan situs dan aplikasi dengan tunduk pada Kebijakan Privasi ini. VIDIO akan mengirimkan pemberitahuan apabila terdapat permintaan data pribadi tambahan untuk fitur atau layanan tertentu. 

1.3     Pengguna diharapkan berhati-hati karena dalam platform VIDIO terdapat tautan ke platform lainnya yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh VIDIO, sehingga VIDIO tidak bertanggung jawab Pengguna memberikan data pribadi ke platform tersebut. Mohon untuk selalu membaca kebijakan privasi dengan baik.



  1. PENGUMPULAN DATA PRIBADI

Data Pribadi adalah setiap informasi yang memungkinkan VIDIO untuk mengidentifikasi Pribadi tertentu atau menyebabkan Pribadi tertentu menjadi dapat diidentifikasi berdasarkan informasi tersebut sendiri atau berdasarkan kombinasi dengan informasi lainnya (baik secara langsung atau tidak langsung), dan informasi lain yang berkaitan dengan Pribadi yang tunduk pada pelaksanaan undang-undang perlindungan data yang berlaku. 

2.1     Data dan Informasi yang Pengguna berikan kepada VIDIO mencakup nama, nama pengguna, kata sandi, alamat email, nomor telepon genggam, alamat dan/atau lokasi, kode pos, verifikasi akun, pembayaran dan informasi lain terkait transaksi pada platform VIDIO, termasuk berinteraksi dengan Layanan Pengguna VIDIO atau berpartisipasi dalam survei maupun promosi pemasaran, dan informasi saat Pengguna memilih preferensi bahasa dan konten, pengaturan akun, data game play selama acara game play atau informasi lainnya melalui platform VIDIO.

2.2 Data Pribadi yang terkumpul secara otomatis seperti rekam jejak Pengguna (log) yang meliputi namun tidak terbatas pada alamat IP perangkat, tanggal, dan waktu akses, fitur aplikasi, lamaan website yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis web browser, dan/atau situs atau situs layanan dari pihak ketiga yang digunakan sebelum berinteraksi dengan situs.

2.3    Data Pribadi yang berasal dari pihak ketiga seperti penyedia layanan TV atau internet, atau penyedia perangkat media streaming lainnya yang membuat layanan VIDIO tersedia di perangkat Pengguna; operator ponsel atau perusahaan lain yg menyediakan layanan untuk Pengguna dan mengumpulkan pembayaran atas layanan VIDIO untuk didistribusikan kepada VIDIO atau yang menyediakan promosi prabayar untuk layanan VIDIO; dan penyedia platform asisten suara yang memungkinkan interaksi dengan Layanan VIDIO melalui perintah suara.

2.4  Data Pribadi dan informasi dari sumber lain dapat mencakup:

  1. Penyedia layanan yang membantu untuk menentukan lokasi berdasarkan alamat IP Pengguna untuk menyesuaikan layanan VIDIO serta penggunaan lain sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

  2. Penyedia layanan keamanan yang memberi kami informasi untuk mengamankan Layanan VIDIO, mencegah penipuan, dan membantu kami melindungi keamanan akun VIDIO.

  3. Penyedia layanan pembayaran yang memberi kami informasi pembayaran atau saldo, atau pembaruan terhadap informasi tersebut, berdasarkan hubungannya dengan Pengguna.

  4. Penyedia data online dan offline yang memberi VIDIO data demografis teragregasi, berbasis minat, dan yang berkaitan dengan iklan online.

  5. Sumber yang tersedia secara umum seperti postingan yang tersedia secara umum di platform media sosial dan informasi yang tersedia melalui basis data umum yang menghubungkan alamat IP dengan penyedia layanan Internet (ISP).


Pengguna dengan ini memberikan persetujuan eksplisit atas perolehan, penyimpanan, penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan data dan informasi pribadi yang Pengguna sampaikan ke dalam Layanan VIDIO, termasuk data pribadi Pengguna, percakapan dalam Layanan VIDIO dan Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pemberian persetujuan atas data dan informasi pribadi tersebut dilakukan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar, dimana persetujuan tersebut Pengguna berikan saat membuat akun VIDIO dan menggunakan Layanan VIDIO secara terus menerus (“Persetujuan Pengguna”).


Atas Persetujuan Pengguna tersebut, Pengguna dengan ini menyatakan seluruh data dan informasi tersebut adalah milik VIDIO. Untuk menghindari keragu-raguan, data pribadi Pengguna, baik yang dimasukkan ke dalam Layanan VIDIO maupun yang tidak dimasukkan ke dalam Layanan VIDIO, adalah milik Pengguna sebagai bagian dari hak pribadi secara utuh.


Pengguna dengan ini menyatakan data pribadi yang Pengguna sampaikan ke dalam Layanan VIDIO (termasuk dokumen yang diunggah dan/atau diberikan kepada VIDIO) adalah asli, autentik, benar, akurat, lengkap, tidak menyesatkan, terbaru, dan merupakan hak pribadi Pengguna dan/atau dirinya berwenang untuk menyampaikan data pribadi Pengguna untuk menyampaikannya ke dalam Layanan VIDIO.


VIDIO melindungi segala informasi yang diberikan Pengguna pada saat Pengguna menggunakan seluruh layanan VIDIO, termasuk menjaga rahasia, keutuhan, dan ketersediaan data pribadi yang dikelolanya.


VIDIO berhak dari waktu ke waktu meminta autentifikasi dan pemutakhiran data pribadi Pengguna, sehingga data dan informasi Pengguna akurat, lengkap, dan terbaru, termasuk memberhentikan Layanan sementara dan/atau memberhentikan Layanan tetap, dalam hal Pengguna belum melakukan autentifikasi dan pemutakhiran data pribadi Pengguna dan Pengguna berhak dari waktu ke waktu melakukan pemutakhiran data pribadi Pengguna.


Pengguna dengan ini memahami bahwa pemanfaatan beberapa fitur tertentu dalam VIDIO memerlukan proses autentikasi data pribadi lebih lanjut dan tunduk pada Peraturan Pengguna VIDIO serta syarat dan ketentuan fitur tertentu di VIDIO tersebut. Pengguna dengan ini menegaskan Persetujuan Pengguna adalah persetujuan eksplisit atas perolehan, penyimpanan, penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan data pribadi yang Pengguna sampaikan (input) ke dalam Layanan VIDIO dan fitur tertentu di VIDIO tersebut, serta menyatakan bahwa pemberian penggunaan data pribadi tersebut dilakukan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.


3. PEMBAYARAN DAN INFORMASI PENAGIHAN

Ketika Pengguna membeli paket langganan menggunakan satu atau lebih dari penyediaan layanan payment gateway atau penyedia layanan pembayaran seluler secara daring apapun yg dapat VIDIO gunakan (termasuk toko aplikasi apapun), informasi pembayaran berikut akan dikumpulkan: rincian kartu kredit/debit (nomor, tanggal kadaluarsa kartu, kode CVC) atau rincian rekening bank lainnya bersama dengan tanggal, waktu, dan jumlah pembayaran transaksi atau informasi yang setara berdasarkan metode pembayaran yang Pengguna pilih. Informasi pembayaran ini disimpan oleh pemroses pembayaran VIDIO dan diasosiasikan dengan suatu nama/ID Pengguna dan lokasi yang diberikan pemroses pembayaran kepada VIDIO, berikut dengan ID pelanggan unik yang VIDIO berikan kepada pemroses pembayaran tersebut dan pemroses pembayaran kami menggunakan informasi pembayaran ini untuk memproses dan memfasilitasi pembayaran biaya langganan Pengguna agar VIDIO dapat menyediakan layanan yang Pengguna minta untuk mengakses Platform (dengan kata lain untuk melaksanakan perikatan). VIDIO akan mengirimkan pemberitahuan transaksi berhasil kepada Pengguna yang telah membayar biaya langganan, dan akan disimpan untuk keperluan pembukuan internal. Untuk Metode Pembayaran tertentu, Pengguna diharuskan untuk mengikuti seluruh syarat dan ketentuan dari penyedia payment gateway pihak ketiga tersebut yang dirujuk pada Platform dan/atau platform pihak ketiga tersebut, apabila dirujuk di sana. Pengguna mengakui terikat oleh syarat dan ketentuan payment gateway pihak ketiga dan/atau platform pihak ketiga tersebut sesuai dengan Metode Pembayaran yang digunakan untuk pembayaran biaya langganan.

Apabila Pengguna membayar pihak ketiga untuk paket langganan (misalnya suatu toko aplikasi, dompet digital, penyedia layanan telekomunikasi) informasi pembayaran langsung dikumpulkan dan dikendalikan oleh pihak ketiga tersebut. Namun, VIDIO dapat menerima tanda terima tagihan dari pihak ketiga untuk pembelian langganan Pengguna dan tanda terima akan disimpan untuk keperluan pembukuan internal dan pajak VIDIO dan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan hukum yang berlaku, audit, tuntutan, proses hukum dan/atau investigasi.


4. PENGGUNAAN, PENYIMPANAN, PEMANFAATAN, DAN PENGOLAHAN DATA

4.1     Terkait penggunaan Informasi Data Pribadi, VIDIO:

  1. berhak untuk menggunakan data dan informasi pribadi Pengguna demi meningkatkan mutu dan pelayanan di VIDIO sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan berdasarkan Persetujuan Pengguna.

  2. berhak menggunakan informasi umum dan penggunaan layanan yang telah dikumpulkan untuk verifikasi data Pengguna.

  3. berhak menggunakan informasi transaksi untuk melakukan monitoring dan mengetahui pola transaksi Pengguna, serta untuk keperluan administrasi dan kepentingan penyelidikan atau kepentingan lainnya sebagaimana yang diwajibkan oleh aturan perundang-undangan

d.    berhak menggunakan dan menyimpan informasi nama bank yang didalamnya termasuk nama dan nomor rekening, nama dan/atau nomor kartu kredit untuk memastikan pembayaran/penerimaan oleh Pengguna VIDIO.

e.     berhak menggunakan informasi pribadi Pengguna secara keseluruhan untuk keperluan know-your-customer (“KYC”), pemprosesan data internal untuk memastikan layanan berfungsi secara teknis. Informasi Pengguna yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, penyelidikan dan penyelesaian sengketa, dan kegiatan ilegal lainnya, termasuk jika ada perselisihan dengan pihak ketiga.

f.     berhak menggunakan, memanfaatkan, dan mengungkapkan data dan informasi pribadi Pengguna berdasarkan Persetujuan Pengguna, yang telah Pengguna berikan pada saat perolehan data pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada kondisi sebagai berikut, antara lain:

i.     diwajibkan dan/atau diminta oleh institusi yang berwenang berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, somasi, perintah resmi dari Pengadilan, dan/atau perintah resmi dari instansi atau aparat yang bersangkutan, termasuk namun tidak terbatas pada perselisihan, penyelidikan, penyidikan, proses hukum dan proses penyelesaian sengketa antara VIDIO dengan Pengguna, antar-Pengguna, dan Pengguna dengan pihak lainnya serta kegiatan ilegal lainnya;

ii.     diwajibkan dan/atau diminta oleh institusi perbankan, keuangan yang berwenang, dan/atau pihak ketiga berdasarkan permintaan resmi dan ketentuan hukum yang berlaku;

iii.     untuk memproses segala bentuk aktivitas Pengguna yang termasuk namun tidak terbatas pada memproses transaksi, verifikasi pembayaran, pengiriman produk dan lain – lain;

iv.    VIDIO dapat bekerja sama dengan perusahaan dan pihak ketiga lainnya yang memfasilitasi atau memberikan bantuan dalam pengembangan aplikasi dan layanan-layanan tertentu untuk dan/atau atas nama VIDIO, meliputi: (a) memberikan bantuan Pengguna; (b) memberikan informasi geo-location; (c) melaksanakan layanan-layanan terkait dengan Aplikasi (termasuk namun tidak terbatas pada layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis dan penyempurnaan fitur-fitur Aplikasi; (d) membantu VIDIO dalam menganalisa bagaimana Aplikasi dan Layanan digunakan serta bagaimana pengembangannya; atau (e) untuk membantu penasihat profesional dan auditor eksternal VIDIO, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas Informasi Pribadi Pengguna untuk melakukan tugas-tugas tersebut untuk dan/atau atas nama VIDIO dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun;

4.2    VIDIO berhak menggunakan, menyimpan, memanfaatkan, dan mengungkapkan data pribadi berdasarkan Persetujuan Pengguna yang telah Pengguna berikan pada saat perolehan data pribadi untuk:

a.     menyediakan Layanan dan/atau Penawaran Pihak Ketiga, misalnya (i) untuk keperluan yang terkait dengan pembayaran, penagihan, aktivasi, penyediaan, pemeliharaan, dukungan, pemecahan masalah, penyelesaian sengketa, penonaktifan, penggantian, peningkatan atau pembaharuan Layanan; (ii) untuk lebih memahami, menganalisis, dan memprediksi preferensi dan minat Pengguna, dan menggabungkan informasi tersebut dengan informasi lain untuk menyesuaikan pengalaman Pengguna; (iii) untuk memastikan Layanan berfungsi secara teknis sebagaimana dimaksud dan untuk membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah; (iv) untuk memfasilitasi akses Pengguna dan penggunaan Layanan dan/atau Penawaran Pihak Ketiga; (v) untuk mengirim Penawaran berlangganan, pesan dan posting dalam Layanan atas nama administrator Saluran atau Akun Resmi; (vi) untuk menggabungkan informasi tersebut dengan informasi yang diperoleh dari sumber lain (termasuk Penawaran Pihak Ketiga) sehubungan dengan penyediaan Layanan; (vii) untuk memenuhi atau memberlakukan Pemberitahuan yang berlaku untuk Layanan; (viii) untuk mengelola atau menanggapi pertanyaan Pengguna;

b.     mengembangkan Layanan baru dan meningkatkan Layanan yang ada dan memberikan Pengguna informasi tentang konten pihak ketiga atau produk terkait, layanan dan perangkat lunak termasuk untuk berkomunikasi dengan Pengguna tentang berbagai cara yang mereka gunakan, misalnya untuk menyediakan atau mengirim kepada Pengguna: (i) peningkatan atau pembaruan, atau pemberitahuan tentang peningkatan atau pembaruan, dari Layanan atau konten pihak ketiga atau produk, layanan dan perangkat lunak terkait; (ii) pemberitahuan promosi, kontes, penawaran, dan acara mendatang; (iii) informasi pribadi, survei, materi pemasaran, iklan atau konten yang disesuaikan.

c.     mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan untuk kegiatan promosi dan periklanan yang meliputi namun tidak terbatas pada pengidentifikasi iklan, termasuk yang disediakan oleh platform perangkat lunak lain, atau pengenal serupa, untuk memfasilitasi VIDIO dalam melakukan analitik atau penyediaan konten promosi atau informasi lain yang mungkin relevan bagi Pengguna;

d.     mengelola dan mengembangkan bisnis dan operasional VIDIO, misalnya: (i) untuk mendeteksi, memantau, menyelidiki, mengurangi atau mencegah penipuan dan masalah teknis atau keamanan atau untuk melindungi properti dari VIDIO; (ii) untuk memungkinkan kelangsungan bisnis dan operasi pemulihan bencana; (iii) untuk mendapatkan layanan hukum, untuk mencari nasihat hukum dan / atau untuk menegakkan hak hukum VIDIO atau hak hukum dari anggota lain dari VIDIO; (iv) untuk keperluan statistik;

e.     memenuhi persyaratan hukum dan peraturan dan untuk menanggapi situasi darurat, misalnya:(i) untuk menanggapi perintah pengadilan, somasi atau permintaan yang sah atau penegakan hukum lainnya atau proses hukum; (ii) untuk memberikan bantuan darurat dalam situasi yang dapat mengancam kehidupan atau keselamatan fisik Anda atau orang lain; atau

f.     kepentingan internal VIDIO untuk pengembangan bisnis, produk, mutu, dan pelayanan termasuk kegiatan promosi, studi, riset, dan kerjasama VIDIO dengan pihak ketiga lainnya;

g.     kepentingan VIDIO, afiliasi VIDIO, dan perusahaan grup, untuk pengembangan bisnis, produk, mutu, dan pelayanan termasuk kegiatan promosi, studi, riset, dan kerjasama VIDIO dengan pihak ketiga lainnya;

h.     kepentingan VIDIO untuk memenuhi tujuan Transaksi atas nama VIDIO, antara lain dalam hal penjualan semua atau sebagian aset VIDIO termasuk setiap pembelian, penjualan, penyewaan, merger atau amalgamasi atau akuisisi, pembuangan atau pembiayaan VIDIO, afiliasi VIDIO, dan perusahaan grup; dan

i.     tujuan lain yang disampaikan dari waktu ke waktu oleh VIDIO kepada Pengguna, serta diizinkan atau diwajibkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku.

4.3     Tujuan penggunaan dan pengolahan Data Pribadi Pengguna bagi VIDIO sebagai berikut:

  1. untuk memenuhi tujuan Layanan, tujuan Kebijakan Privasi ini, tujuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku, termasuk memproses, mentransfer, dan/atau menyimpan data dan informasi para Pengguna, baik di dalam wilayah Republik Indonesia maupun di luar wilayah Republik Indonesia, dengan memperhatikan regulasi, termasuk peraturan perundang-undangan dan kebijakan Privasi di negara mana data dan informasi para Pengguna diproses, ditransfer, dan/atau disimpan.

  2. untuk memenuhi tujuan Layanan, tujuan Kebijakan Privasi ini, tujuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku dalam hal pemanfaatan dan pengolahan data. Dalam hal ini, VIDIO, afiliasi VIDIO, perusahaan grup, mencakup perwakilan VIDIO, dan pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan VIDIO melalui perjanjian dan memuat klausul kerahasiaan yang mengikat.

  3. untuk memenuhi tujuan transaksi atas nama VIDIO, antara lain dalam hal penjualan semua atau sebagian aset VIDIO termasuk setiap pembelian, penjualan, penyewaan, merger atau amalgamasi atau akuisisi, pembuangan atau pembiayaan VIDIO, afiliasi VIDIO, dan perusahaan grup.

  4. pemanfaatan dan pengolahan data, termasuk transmisi data, sesuai dengan tujuan Kebijakan Privasi ini akan menerapkan keamanan sewajarnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku, termasuk memberikan enkripsi pada pemanfaatan dan pengolahan data tersebut.

4.4     Pengguna mampu untuk melakukan pengendalian dan pilihan tertentu mengenai pengumpulan, penggunaan, dan pemberian Informasi Data Pribadinya sesuai dengan hukum yang berlaku, pengendalian dan pilihan dapat meliputi:

  1. dapat mengakses beberapa Informasi Data Pribadi Pengguna melalui bagian 'Profil' pada platform setelah berhasil masuk. Pengguna bertanggung jawab untuk memberikan Informasi Data Pribadi yang akurat kepada VIDIO dan menjaga agar Informasi Data Pribadi tetap mutakhir.

  2. dapat meminta kami untuk memperbaiki Informasi Pribadi mengenai Anda yang tidak akurat atau tidak lengkap dengan mengirimkan kami surat elektronik ke alamat surat elektronik bantuan pelanggan (customer service) VIDIO. 

4.5     VIDIO menyimpan Informasi Data Pribadi Pengguna selama diperlukan untuk memberikan Layanan dan sesuai dengan dasar pemrosesan yang sah dan untuk memenuhi kewajiban hukum negara Republik Indonesia. Khususnya, ketika menentukan berapa lama VIDIO menyimpan data pribadi, perhitungan berapa lama Informasi Data Pribadi dibutuhkan untuk:

a.     Memelihara catatan bisnis untuk keperluan analisa, pajak, dan/atau audit;

b.     Mematuhi persyaratan penyimpanan catatan berdasarkan hukum;

c.    Membela atau mengajukan segala tuntutan hukum yang ada atau potensi tuntutan hukum;

d.    Tujuan bisnis yang sah; dan

e.    Menangani pengaduan tentang Platform/layanan apa pun yang tersedia pada Platform.

4.6    Untuk data yang VIDIO kumpulkan, dan proses berdasarkan izin atau persetujuan yang diperoleh dari Pengguna, Pengguna dapat menarik persetujuan setiap saat, dengan mengirim surat elektronik kepada VIDIO. VIDIO akan meninjau permintaan dan mungkin meminta Pengguna melakukan verifikasi atas identitas Pengguna. Dalam kasus di mana Pengguna menyetujui untuk memberikan lokasi persis berdasarkan data GPS, Pengguna dapat sewaktu-waktu menarik persetujuan tersebut dengan menonaktifkan izin lokasi di menu pengaturan pada perangkat Pengguna. Jika memerlukan bantuan untuk menarik izin Pengguna yang diberikan sebelumnya, silahkan hubungi kami menggunakan informasi yang diberikan pada akhir Kebijakan Privasi ini.

4.7    Pengguna memiliki hak berdasarkan hukum untuk menolak penggunaan Informasi Data Pribadi sehubungan dengan jenis pemrosesan tertentu, termasuk pemrosesan untuk pemasaran dan pembuatan profil secara langsung, Pengguna dapat mengajukan keberatan dengan mengubah preferensinya, mematikan cookies seperti yang diuraikan dalam Kebijakan Cookies atau dengan menghubungi kami. Apabila Pengguna ingin menghentikan atau membatasi pemrosesan Informasi Data Pribadi sehubungan dengan konten yang dipersonalisasi atau iklan berbasis interes, maka, kecuali platform memungkinkan Pengguna untuk memilih preferensi yang tersedia, maka Pengguna harus berhenti menggunakan platform dan VIDIO dapat mengatur untuk membatalkan langganannya. Apabila Pengguna telah membuat langganan melalui Apple iTunes atau platform pihak ketiga lainnya, maka cara berhenti berlangganan dari platform Apple iTunes atau platform pihak ketiga lainnya sesuai dengan proses yang diberlakukan untuk memastikan bahwa Pengguna tidak seterusnya ditagih oleh Apple atau platform pihak ketiga lainnya. Selain itu, dalam hal Apple iTunes atau platform pihak ketiga lainnya, Anda harus mengajukan keberatan pemrosesan data langganan/data pribadi Pengguna di platform Apple iTunes atau platform pihak ketiga lainnya sesuai proses yang diberlakukan.

4.8    VIDIO dapat memindahkan Informasi Data Pribadi Pengguna ke platform afiliasi atau penyedia layanan VIDIO atau penerima pihak ketiga kepada siapa VIDIO menyediakan layanan teknologi dan hosting, di lokasi untuk tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Oleh karena itu, dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Pengguna juga memberikan persetujuan untuk memindahkan Informasi Data Pribadi ke platform afiliasi atau penyedia layanan VIDIO atau penerima pihak ketiga tersebut di lokasi. Di mana pun Informasi Data Pribadi Pengguna dipindahkan, disimpan atau diproses oleh VIDIO atau platform afiliasi atau penyedia layanan VIDIO, VIDIO akan mengambil langkah yang wajar untuk melindungi privasi Informasi Data Pribadi Pengguna.


5. PENGUNGKAPAN

5.1    Dengan Persetujuan Pengguna, VIDIO berhak mengungkapkan informasi Data Pribadi Pengguna dengan tujuan tertentu dan syarat sebagai berikut:

  1. Untuk keperluan pemasaran, analitik, penelitian, komunikasi, iklan, infrastruktur dan layanan IT, penyedia teknologi atau perangkat lunak, pemrosesan pembayaran, layanan bantuan Pengguna dan layanan lainnya yang bekerjasama dengan VIDIO atau membantu VIDIO menyediakan layanan kepada Pengguna atau memberikan lisensi perangkat lunak kepada VIDIO yang disertakan dalam aplikasi(-aplikasi) VIDIO untuk menyediakan, mendukung atau meningkatkan Layanan VIDIO dan memungkinkan VIDIO untuk menganalisis upaya layanan dan pemasaran VIDIO.

  2. Untuk keperluan promosi atau program bersama yang akan mewajibkan VIDIO untuk berbagi informasi Pengguna dengan pihak ketiga dalam upaya mendukung partisipasi Pengguna. Dalam melaksanakan jenis promosi ini, kami dapat membagikan nama Pengguna dan informasi lainnya sehubungan dengan pemenuhan insentif. Mohon diketahui bahwa para pihak ketiga ini bertanggung jawab atas praktik privasi mereka sendiri.

  3. Apabila terdapat pemrosesan informasi data pribadi, pemindahan data lokal dan antarnegara.

  4. Apabila VIDIO cukup yakin bahwa pengungkapan tersebut diperlukan untuk (a) memenuhi permintaan hukum, peraturan, proses hukum, atau pemerintah yang berlaku, (b) menegakkan ketentuan penggunaan yang berlaku, termasuk penyelidikan terhadap potensi pelanggaran di dalamnya, (c) mendeteksi, mencegah, atau menangani aktivitas ilegal atau dugaan aktivitas ilegal (termasuk penipuan pembayaran), masalah keamanan, atau masalah teknis, atau (d) melindungi hak, properti, atau keselamatan VIDIO, para pengguna VIDIO, maupun publik dari kerugian apapun sebagaimana diwajibkan atau diizinkan oleh hukum.

  5. Apabila terjadi alih usaha, seperti penggabungan atau diambil alih oleh perusahaan lain atau dalam hal reorganisasi atau restrukturisasi bisnis.

5.2    Dalam pengungkapan informasi:

a. VIDIO dapat menginformasikan sebagian informasi pribadi Pengguna sehingga informasi tersebut menjadi informasi yang tidak dapat mengidentifikasi Pengguna secara keseluruhan (data agregat/data anonim) yang ditujukan untuk pihak ketiga yang digunakan untuk pengembangan aplikasi, pengelolaan database, analisa atau peningkatan layanan, promosi dan periklanan;

b.    VIDIO juga dapat mengkombinasikan Informasi Pribadi Pengguna dengan informasi-informasi lain sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi ter-asosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga; dan

c. VIDIO juga dapat mengkombinasikan Informasi Pribadi Pengguna dengan informasi-informasi lain sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi ter-asosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga;

 

6. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB VIDIO

6.1      Pengguna bertanggung jawab atas keamanan dan mitigasi pelanggaran atas akun VIDIO Pengguna sendiri, seperti menerapkan pengamanan yang tepat, membatasi akses, membuat kata sandi yang kuat, menjaga kata sandi, menjaga one time password (“OTP”).

6.2   VIDIO tidak bertanggung jawab atas pertukaran dan pemberian data dan informasi pribadi Pengguna yang dilakukan sendiri oleh Pengguna, termasuk yang dilakukan antar-Pengguna. Termasuk dalam ketentuan ini adalah setiap dan segala kesalahan Pengguna yang mengakibatkan kebocoran data Pengguna.

6.3   VIDIO bertanggung jawab atas Layanan VIDIO, termasuk perlindungan serta pengamanan rahasia data pribadi, termasuk memberitahukan Pengguna dalam hal terjadi kegagalan dalam perlindungan data pribadi melalui sekurang-kurangnya melalui e-mail Pengguna yang terdaftar pada Layanan VIDIO. Dalam hal terjadi kebocoran data, pihak yang bertanggung jawab untuk menginformasikan kepada Pengguna terkait kegagalan dalam perlindungan data tersebut adalah pihak atau institusi dimana data tersebut diproses berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

6.4  VIDIO tidak bertanggung jawab atas keaslian, keautentikan, kebenaran, keakuratan, kelengkapan data pribadi yang dimasukkan oleh Pengguna ke dalam Layanan VIDIO.

6.5  Dengan memberikan Persetujuan Pengguna, Pengguna melepaskan hak atas klaim, kerugian, tuntutan, dan gugatan yang mungkin terjadi atas perolehan, penyimpanan,penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan data, termasuk data pribadi, dalam Layanan VIDIO.

6.6      Dalam hal Pengguna adalah anak belum dewasa, VIDIO tidak bertanggung jawab atas input data pribadi Pengguna anak dan menganjurkan agar orang tua/wali anak memantau penggunaan internet anak, sehingga pemberian data pribadi Pengguna anak diberikan dan/atau dalam pengawasan orang tua/wali sebagai pihak yang berwenang.

6.7      VIDIO tidak bertanggung jawab atas kebocoran data yang terjadi diakibatkan dan/atau terjadi selama karena Keadaan Memaksa. Keadaan Memaksa meliputi antara lain (i) pemogokan, penutupan perusahaan, dan aksi industrial lain; (ii) huru-hara, kerusuhan, invasi, serangan atau ancaman teroris, perang (baik yang dinyatakan atau tidak) atau ancaman persiapan perang; (iii) kebakaran, ledakan, badai, banjir, gempa bumi, epidemi atau bencana alam lain; (iv) tidak tersedianya atau terganggunya jaringan telekomunikasi, informatika dan/atau listrik; (v) terdapatnya kegagalan Layanan yang diakibatkan pihak ketiga yang terjadi di luar wewenang VIDIO; (vi) tidak berfungsinya sistem dan/atau jaringan perbankan, (vii) tindakan, putusan, undang-undang, peraturan atau pembatasan yang diterbitkan pemerintah. Dalam hal terjadi Keadaan Memaksa, VIDIO memberitahukan Pengguna paling lambat 14 (empat belas) Hari Kalender setelah terjadinya Keadaan Kahar tersebut dan berusaha dengan kemampuan komersial terbaiknya memenuhi kewajiban VIDIO berdasarkan Kebijakan Privasi ini.


7. KEAMANAN

7.1     VIDIO akan terus menerapkan dan memperbaharui langkah-langkah administratif, teknis dan keamanan fisik untuk membantu melindungi informasi Data Pribadi Pengguna dari akses yang tidak diijinkan, kehilangan, kerusakan, atau perubahan. Beberapa perlindungan yang kami gunakan untuk melindungi Informasi Data Pribadi Pengguna seperti firewall dan enkripsi data, dan pengendalian akses informasi. Langkah-langkah ini dirancang untuk memberikan tingkat keamanan yang sesuai dengan resiko dalam memproses Informasi Data Pribadi Pengguna. Jika Pengguna mengetahui atau memiliki alasan untuk meyakini bahwa kredensial akun Pengguna telah hilang, dicuri, diubah atau dikompromikan atau dalam hal terjadinya penggunaan yang tidak diizinkan atau dugaan penggunaan yang tidak diizinkan atas akun Pengguna mohon hubungi VIDIO (lihat informasi di bawah).

7.2     VIDIO menggunakan praktik dan prosedur keamanan standar industri yang wajar secara komersial yang dirancang untuk membantu melindungi Informasi Data Pribadi Pengguna supaya aman dan terlindungi. Namun tidak ada langkah-langkah keamanan yang sempurna atau tidak bisa ditembus, VIDIO tidak dapat menjamin keamanan data karena setiap transmisi adalah resiko Pengguna. VIDIO akan selalu berusaha untuk melindungi informasi Data Pribadi Pengguna dan memastikan atas dasar upaya yang wajar bahwa setiap pribadi yang VIDIO pekerjakan mematuhi standar keamanan sehingga perlindungan Data Pribadi Pengguna selalu terjaga. 


8. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi ini dapat berubah dari waktu ke waktu. VIDIO berhak memperbaharui Kebijakan Privasi ini agar tetap relevan dan terkini dengan perubahan teknologi, hukum yang berlaku, praktik bisnis yang terus berkembang dan kebutuhan Pengguna. VIDIO akan memberikan tanggal pengkinian terakhir, apabila ada perubahan yang dibuat pada Kebijakan Privasi ini. VIDIO mengimbau kepada Pengguna untuk secara berkala meninjau Kebijakan Privasi ini agar tetap mendapat informasi tentang bagaimana VIDIO mengelola data dan informasi pribadi Anda. Dengan menggunakan Layanan, Pengguna dianggap memberikan persetujuan eksplisit atas Kebijakan Privasi dan dengan terus menggunakan Layanan setelah Kebijakan Privasi, Pengguna dianggap telah menyetujui Kebijakan Privasi yang diperbarui. Apabila Pengguna tidak menyetujui pembaharuan, maka Pengguna dapat berhenti menggunakan layanan VIDIO dengan membatalkan langganan atau menghapus akun Pengguna.


9. HUBUNGI KAMI

VIDIO tunduk terhadap segala peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah Republik Indonesia yang berlaku, termasuk yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik, penyelenggaraan sistem elektronik, dan perlindungan data pribadi Pengguna; termasuk segala peraturan pelaksana dan peraturan perubahan dari peraturan-peraturan tersebut yang mengatur dan melindungi penggunaan data dan informasi penting para Pengguna. Apabila memerlukan informasi lebih lanjut atau penjelasan mengenai penggunaan dan/atau pemrosesan data pribadi pengguna silahkan menghubungi kami melalui surat elektronik pada info@vidio.com.


Kebijakan Privasi ini merupakan bagian tidak terpisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan Peraturan Pengguna VIDIO. 


Pengkinian terakhir as per Maret 2023